PANDUAN CARA PEMUTAKHIRAN DATA EMIS SEMESTER GANJIL TP. 2015/2016
Hal ini dikarenakan Data Emis nantinya akan digunakan sebagai data pusat untuk mendukung berbagai kebijakan yang akan dikeluarkan pemerintah terkait dengan alokasi BOP, Perencanaan alokasi BSM, Proses akreditasi, Penyelenggara Ujian Nasional, Pemberian berbagai bantuan (Sarpras), Pengajuan NPSN, Pengusulan NISN, serta Penyusunan Database Pendidikan Islam. Karena pentingnya hal tersebut maka pengisian data Emis harus diisi dengan data sebenar-benarnya, lengkap dan dapat dipertanggung jawabkan.
Jika terdapat satuan pendidikan baik tingkat RA, MI, Mts ataupun MA serta pengawas madrasah yang tidak mau atau tidak turut serta dalam pengisian data pemutakhiran emis tahun pelajaran 2015/2016 ini maka akan mendapatkan sanksi berupa tidak diakui keberadaannya oleh kementrian Agama Republik Indonesia. Dengan tidak diakui keberadaannya maka dengan kata lain satuan pendidikan tersebut tidak akan mendapatkan layanan atau bantuan dalam bentuk apapun.
Surat edaran resmi terkait pemutakhiran EMIS semester gasal tahun pelajaran 2015/2016 ini dapat di download di Link Berikut Ini
Instrumen dan Aplikasi Pendataan EMIS Semester Ganjil TP 2015/2016
Bagi para admin madrasah yang masih kebingungan mengenai kebijakan ini maka dapat mengunjungi link berikut http://emispendis.kemenag.go.id/
untuk instrumen dan aplikasi pendataan EMIS Semester Ganjil TP. 2015/2016 berbeda dengan tahun sebelumnya. tahun ini tahapannya adalah sebagai berikut :
a. Mengisi aplikasi excel dengan data yang valid
Pada tahap ini Anda dapat mendownload aplikasi exel di link berikut. Ingat!!! aplikasi Exel ini berbeda dengan aplikasi tahun lalu. tahun ini ada beberapa penambahan kolom, seperti NIK siswa, dll. Berhati-hatilah dalam mengcoppy paste kolom Exel ini karena kolom pada aplikasi ini sudah diprogram dengan rumus tertentu dan pastikan validasinya "Ok".b. Memasukkannya ke aplikasi desktop
Setelah aplikasi Exelnya selesai dan benar-benar Valid tahap selanjutnya adalah upload data ke Aplikasi Dekstop. Aplikasi ini dapat di unduh di di link berikut.c. Kemudian upload data secara Online.
Tahap terakhir yaitu Upload data secara online melalui akun admin Anda.PANDUAN MENDAFTAR BAGI OPERATOR / ADMIN EMIS MADRASAH
Hal yang harus dilakukan bagi operator madrasah adalah mendaftarkan dirinya menjadi admin resmi pemutakhiran emis tahun pelajaran 2015/2016. Berikut langkah-langkah mendaftar :- a. Para operator/admin harus mendaftarkan diri dulu di http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm lalu klik daftar
- Isi kolom tersebut dengan data Anda ( Nama, Alamat email, No. HP. Tempat tugas dll )
- Ikuti langkah-langkah selanjutnya
- Catatlah dan ingat Username dan pasword yang telah anda buat karena ini nantinya akan digunakan sebagai login pada emis online.
- Upload foto operator dan Surat Tugas hasil scan berupa file pdf yang berukuran maksimal 200 kb.
- pendaftaran selesai, selanjutnya tunggulah agar akun anda disetujui oleh admin di masing-masing kabupaten.
Komentar
Posting Komentar